Kelebihan dan kekurangan tp-link tl-wn722n

tp-link tl-wn722n sudah lama saya gunakan untuk keperluan memperkuat sinyal internal laptop yang daya tangkapnya lemah. Menurut saya kelebihannya adalah dari adanya penambahan peningkatan penangkapan sinyal yang tentunya melancarkan saat kita browsing terutama untuk kebutuhan streaming seperti nonton youtube maupun download. Di IDM terlihat peningkatan tajam speed yang kita dapatkan.

signal tp-link tl-wn722n

Pada artikel sebelumnya yaitu Review TP-LINK TL-WN722N wireless usb 150 Mbps untuk Memperkuat Sinyal Wifi, sebenarnya sudah saya bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari tp-link tl-wn722n. Akan tetapi pada artikel ini akan saya jelaskan lebih rinci lagi terutama untuk mengoptimalkan penangkapan sinyal dengan kabel extender.

Dari website resmi tp-link menjelaskan bahwa Nirkabel N Adaptor USB TL-WN722N memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer desktop atau notebook ke jaringan nirkabel dan mengakses koneksi internet berkecepatan tinggi. Ini memberikan kecepatan nirkabel hingga 150Mbps, yang bermanfaat untuk permainan online atau bahkan streaming video.

TP-LINK-TL-WN722N-wireless-usb-300-Mbps

Kelebihan

1. Terbukti meningkatkan penerimaan sinyal wifi

Signal quality dari windows menunjukkan 4 bar dari 5 bar. Sebelumnya hanya 2 sampai 3 bar saja. turun naik. Anda dapat mengoptimalkan lagi menggunakan kabel extender 5-10m. Perubahannya lebih mantap lagi. Apalagi anda mau sedikit bersusah payah mencari posisi yang pas meletakan wifi usb ini.

2. Signal wifi stabil

Signal quality dari windows 7 yang saya gunakan menunjukkan jarang sekali signal turun selama menggunakan wireless usb dari tp-link ini. Padahal kalau menggunakan wireless bawaan windows, 3 bar saja sudah syukur. Malah kalau cuaca tidak bagus seperti lagi hujan, atau angin kencang sinyal drop. Gangguan cuaca seperti hujan dan angin dapat mengganggu penerimaan (tranceive) dan pengiriman (receive) dari wireless sumber ke tujuan.

3. Bandel dan Tahan Lama

Saya menggunakan TP-LINK TL-WN722N ini bukan hanya di colok ke usb laptop atau didalam ruangan saja. Tapi juga diluar ruangan. Saya menggunakan kabel usb extender lagi untuk lebih kuat menerima sinyal. Tentunya si tp-link ini saya taroh di luar ruangan yang rentan terhadap panas matahari, percikan air hujan, dan tentunya angin. Tapi hebatnya TP-LINK TL-WN722N ini tetap tangguh dan bisa dipakai sampai sekarang.

4. Kecepatan download meningkat

Dari 3 point kelebihan TP-LINK TL-WN722N tentunya hasil yang didapatkan adalah meningkatnya kecepatan internet. Saya sudah membandingkannya ketika mendownload suatu file di program internet download manager (idm), speed download yang didapatkan meningkat dibandingkan wireless bawaan laptop yang tidak stabil dan sering putus ketika digunakan untuk browsing maupun download. Cocok sekali bagi anda yang mobile atau suka bepergian main menggunakan hotspot di luar, akan terasa perbedaannya terutama dalam hal meningkatkan kecepatan download. Speed pada idm jelas meningkat jauh.

5. Transfer data melalui share wireless cepat

Saya biasanya suka transfer data dari laptop saya ke laptop teman melalui sharing wireless. Bisa melalui share bawaan windows ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti share it misalnya. Teman saya menggunakan wireless internal bawaan laptop sedangkan saya menggunakan wireless usb tp-link. Kecepatan beda jika saya juga menggunakan wireless bawaan laptop sama seperti teman saya. Ketika saya menggunakan wireless bawaan laptop lambat, makanya jarang saya gunakan kecuali file yang ditransfer kecil.

6. Dapat berfungsi sebagai repeater

Dengan menggunakan aplikasi bawaan dari instalasinya yaitu tp-link utility anda mengshare kembali wifi yang anda dapatkan (wifi repeater). Tapi saya lebih suka menggunakan aplikasi gratisan seperti Baidu WiFi Hotspot yang memiliki banyak fitur untuk client.

7. Mudah dibawa

Tanpa harus mencolok ke listrik, hanya menggunakan daya dari usb perangkat ini dapat anda gunakan dimanapun anda berada. Di cafe, rumah teman, dimanapun yang terdapat jaringan wifi.

8. Terdapat colokan antena ekternal

Anda dapat menggunakan antena tambahan jika anda mau, tapi saya sendiri belum pernah menggunakannya.

9. Dapat menggunakan kabel extender

Untuk memperkuat penangkap si tp-link ini, saya menambahkan kabel extender sepanjang 10 meter. Tidak ada masalah, baik dari kebutuhan dayanya maupun masalah lainnya. Untuk kabel extender belilah kabel yang berkualitas. Saya membeli kabel yang berwarna biru. merknya NYK. Boleh dikatakan jarang diskonek. Kecuali tersentuh tidak sengaja yang menyebapkan kabelnya terlepas dari usb laptop. Penggunaannya mudah, anda cukup mencolokkan 1 bagian usb kabel ke usb laptop dan yang satunya lagi ke usb tl-wn722n. Jika tidak ada kendala windows akan mendeteksi sama seperti tanpa menggunakan kabel. Untuk mendapatkan sinyal yang bagus anda perlu trik khusus untuk mengoptimalkan sinyal penangkapan wifi tl-wn722n. Yaitu mencari posisi yang tepat untuk meletakkannya.

Kekurangan

1. Antena serasa mengganggu

Keberadaan antena yang lumayan besar dan panjang bagi saya terasa mengganggu. Kalau dicopot malah sinyalnya hilang. Akan tetapi saya menyadari fungsi dari antena tp-link inilah yang menjadi kunci penerimaaan sinyal menjadi bagus.

2. Bodi besar

Bodinya yang bongsor ini melebihi ukuran port usb. Malah jika port usb pada laptop kita berdekatan, kita tidak bisa mencolok perangkat lain yang menggunakan usb terutama flashdisk karena tidak muat. Jika port usb pada laptop anda sedikit, bisa diakali dengan membeli port usb extender yang banyak dijual di toko-toko komputer. Tentu anda harus memilih port usb extender yang bagus, agar tidak sering diskonek atau putus karena usbnya kehilangan daya.

3. Jangkauan penangkapan wifi kurang jauh

Dengan harga yang “super murah” ini tentunya kita tidak bisa berharap banyak, sudah meningkatnya penangkapan sinyal wifi dari yang semula rendah menjadi tinggi sebenarnya kita harus bersyukur. Wifi usb TP-LINK TL-WN722N, dapat meningkatkan kecepatan internet dibandingkan tanpa menggunakannya. Tapi jika dibandingkan Tenda wireless F3 N300 yang saya gunakan sekarang ini, wifi usb dari tp-link ini harus mengaku kalah dalam hal jarak penangkapan sinyal wifi.

4. Tidak stand alone

Artinya anda harus membutuhkan laptop untuk menggunakannya. Seperti misalnya anda ingin membagi (share) wifi yang sudah anda gunakan di laptop ke perangkat lainnya seperti ke pc lain, laptop, ataupun hp. Jadi ketika laptop anda mati, internet yang anda bagikan juga tidak berfungsi. Tidak seperti Tenda F3 N300 yang selalu stand by karena dayanya dari listrik.

Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan tp-link tl-wn722n, wifi usb ini layak menggantikan wifi internal laptop karena daya tangkap serta responsif dalam pengakapan sinyal. Walaupun saya sekarang sudah menggunakan Tenda F3 N300 sebagai wifi repeater, tapi saya tetap menggunakan tp-link untuk menangkap sinyal dari tenda ke laptop.