Apa itu Micro Piezo? Inilah Keunggulan Teknologi Print Head Epson Terbaru

Micro Piezo Printer Epson

Epson merupakan salah satu pabrikan printer kelas dunia yang laris dan populer di Indonesia. Banyak orang yang mengatakan kelebihan printer epson adalah bagus kalau untuk mencetak photo. Sehingga banyak studio foto rumahan maupun perusahaan yang menggunakan printer epson untuk mencetak berbagai jenis foto berkualitas tinggi. Selain bagus untuk mencetak foto berkualitas tinggi, hasil cetak foto dari printer epson juga tahan lama. Print head merupakan tulang punggung dari setiap sistem pencetakan inkjet Epson termasuk kualitas hasil cetak. Print head memegang peranan agar hasil cetak tahan lama, Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama hasil cetak pudar seperti jenis media kertas yang di gunakan dan tinta.

Print Head

Print head (kepala printer), Merupakan salah satu komponen penting dalam menghasilkan hasil kualitas cetak yang mumpuni. Seperti yang banyak orang katakan, untuk hasil cetak epson memang jagonya terutama untuk printer jenis inkjet. Tapi tidak ada gading yang tak retak, Beberapa kelemahan printer epson yang banyak di keluhkan oleh banyak orang adalah print head yang mudah rusak dan boros tinta. Selain print head cepat rusak, keluhan lain dari pengguna printer epson adalah lambat dalam mencetak, baik itu dokumen maupun gambar atau foto. Untuk menjawab semua kebutuhan pengguna setia itulah epson mengeluarkan teknologi teknologi inti Epson terbaru untuk semua produk sistem pencetakan inkjet Epson yaitu Micro Piezo.

Inovasi Teknologi Micro Piezo

Micro Piezo merupakan inovasi teknologi print head teranyar dari epson. Micro Piezo menampilkan printhead Micro Piezo Epson unik yang dikombinasikan dengan teknologi pelengkap dalam pemrosesan gambar, sistem tinta, tinta, media, dan mekanisme presisi seperti pengumpan kertas.

Cara Kerja

Printhead Micro Piezo mengeluarkan tetesan tinta melalui tekanan mekanis. Tekanan mekanis ini dibuat ketika elemen piezoelektrik dalam kontrak printhead sebagai respons terhadap tegangan yang diterapkan.

Dua karakteristik utama mengatur teknologi Epson selain dari sistem pencetakan inkjet lainnya. Yang pertama adalah bahwa sistem pencetakan Micro Piezo tidak menggunakan panas untuk mengeluarkan tetesan tinta. Yang kedua adalah mereka justru mengontrol volume tinta yang terkandung dalam setiap tetesan tinta.

Keunggulan

Tidak seperti sistem inkjet termal, sistem Micro Piezo tidak menggunakan panas, yang dapat mengubah sifat material tinta. Printhead Micro Piezo Epson kompatibel dengan tinta yang jauh lebih luas, termasuk tinta pewarna, tinta pigmen, pelarut ramah lingkungan, tinta yang disembuhkan UV, dan berbagai bahan lainnya.

1. Daya tahan tinggi

Printhead Micro Piezo tahan lama karena di rancang untuk tahan di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan teknologi Micro Piezo kerusakan fungsi yang print head yang disebabkan oleh panas bisa di minimalisir.

cara kerja printhead Micro Piezo

cara kerja printhead Micro Piezo.

2. Kualitas gambar tinggi

VSDT (variable size dot technology) adalah teknologi dot ukuran variabel untuk secara tepat mengontrol volume tinta yang terkandung dalam tetesan yang dikeluarkan individu. Gambar yang tajam, kaya, hampir tanpa biji-bijian dibuat dengan menyimpan tetesan tinta bola dalam berbagai ukuran, yang terkecil sekecil 1,5 pico-liter, atau satu satu triliun liter, tepat jumlah dan lokasi yang dibutuhkan.

Printer epson yang telah menggunakan teknologi VSDT cocok untuk mencetak segala bentuk gambar atau foto, baik untuk di rumah, di kantor ataupun di perusahaan. Selain itu, kontrol meniscus mencegah sisa tinta di ruang tinta di kepala cetak agar tidak memengaruhi bentuk tetesan tinta yang akan dikeluarkan, memastikan bahwa tetesan yang dikeluarkan selalu bulat sempurna dan tanah dengan akurasi posisi tinggi.

3. Cepat

Teknologi printhead PrecisionCore adalah bentuk lanjutan dari Micro Piezo. PrecisionCore merepresentasikan teknologi piezoelektrik film tipis Epson (TFP) yang dibuat dengan menggabungkan teknologi komponen kunci tingkat lanjut dan proses fabrikasi MEMS presisi tinggi. teknologi PrecisionCore memungkinkan kualitas cetak yang luar biasa pada kecepatan yang sangat cepat.

VSDT, yang mengontrol ukuran hingga 50.000 tetesan tinta yang dikeluarkan setiap detik, juga berkontribusi terhadap kecepatan pencetakan cepat.
PrecisionCore: Teknologi Printhead Lanjutan