Review Rock Zircon Earphone IEM Murah Bass Nampol

Earphone IEM Rock Zircon cukup terkenal sebagai earphone basshead. Banyak pakar audio yang menyatakan IEM ini cocok untuk penggemar basshead  dengan harga murah. Yang artinya earphone ini lebih menonjolkan suara bass (low frekuensi). Mencari Earphone yang murah dan memiliki kualitas suara terutama bassnya yang tidak boomy, bulat dan detail memang sulit. Tapi untuk earphone Rock Zircon boleh diadu, anda akan mendapatkan seperti yang anda inginkan.

Banyak IEM murah yang ditawarkan tapi bassnya melempem. Ada juga yang bassnya besar tapi tidak bulat alias pecah. Apalagi untuk mencari yang detil suara keluar semua ini lebih sulit. Karena pada umumnya detil suara tertutup oleh bass yang berantakan atau memang tidak ada suara treble  sama sekali. Rock Zircon memiliki microphone untuk input audio, artinya bisa digunakan untuk menelepon, merekam suara atau berkomunikasi.

Sebelumnya saya pernah mencoba beberapa perangkat musik untuk telinga, ada yang jenis IEM, earbud dan Headphone. Tapi tentu saja saya mencari yang harganya murah meriah. Soalnya dari segi dompet, saya belum mampu untuk membeli yang kelas audiophile. Jadi termasuk golongan penikmat audio kere atau biasa juga disebut kere hore.

REVIEW ROCK ZIRCON

Earphone IEM Rock Zircon

KEMASAN

Kotak kemasan berwarna putih, Bagian depan terdapat tulisan “ROCK” dan 100% Original Produk. Dibagian belakang kotak terdapat hologram. Didalamnya terdapat tempat sederhana untuk meletakkan earphone beserta eartips yang totalnya ada 3 buah. Saya juga membeli eartips tambahan yang katanya dapat membuat suara lebih bagus, terutama untuk meredam suara frekuensi tinggi.

kotak depan rock zircon

DESIGN

Design dari Rock Zircon terlihat elegan. Housing terbuat dari keramik berbeda dengan IEM lain yang biasanya terbuat dari plastik. Sehingga si rock ini terlihat sedikit mewah. Micnya berbalut metal kabel mic braided. Jack audionya memiliki kemiringan 90 derajat. Kabel Jack 3.5mm.

Jack audio rock zircon

KENYAMANAN

Untuk kenyamanan penggunaan kita harus memilih fitting yang pas. Kita bisa memilih salah satu dari 3 eartips yang sesuai dengan lubang telinga. Berdasarkan pengalaman saya, terkadang kita sudah mendapatkan dan nyaman dipakai tapi sayangnya suara tidak keluar dengan baik kedalam telinga. Apalagi IEM ini kita gunakan sambil tidur atau berbaring miring maka suara seperti terjepit dan tertahan.

eartips tambahan

EARTIPS

Saya termasuk sulit mencari eartips yang cocok untuk rock zircon ini karena antara kenyamanan dan kualitas suara yang dihasilkan terkadang berlawanan. Misalnya saya sudah cocok dengan eartips yang ukuran sedang yang menurut saya nyaman dipakai di lubang telinga saya. Tapi sayangnya saya harus pandai-pandai lagi mengatur posisinya dilubang telinga agar suara yang masuk kedalam tidak tertahan. Pada artikel ini saya anggap size dari eartips bawaan rock zircon ada 3 jenis, yaitu yang paling kecil, yang sedang dan ukuran paling besar.

Saya juga membeli eartips tambahan agar bisa menyempurnakan dan menyelesaikan masalah kenyaman dan kualitas suara ini, Memang akhirnya masalah terselesaikan. Bahkan suara high atau suara tajam (istilah saya) yang terkadang menyakitkan dari earphone ini teratasi. Tapi sayangnya eartips yang saya dapatkan bahannya mudah kotor dan sulit dicuci. Ini dikarenakan saya sering meletakkan di tempat sembarangan dimanapun saya melepaskan earphone ini. Terkadang di lantai, kocek celana, kadang pula di atas tempat tidur.

eartips rock zircon

ISOLASI SUARA

Saya sudah mendapatkan eartips yang pas dan nyaman untuk saya pakai yaitu yang size medium. Ketika dimasukkan kelubang telinga. Suara musik yang nyaring dari luar masih terdengar. Tapi jika naik kendaran umum atau sepeda motor, suara luar teredam cukup baik. Walaupun masih terdengar. Hal ini berbeda jika musik sudah kita mainkan. Saya test menggunakan handphone asus zenfone 5 dengan volume 3/4 suara hilang sama sekali. Begitu pula ketika saya menggunakan laptop, cukup volume setengah saja saya tidak bisa mendengarkan suara orang diluar kamar memanggil termasuk juga suara musik keras orang lain.

Untuk earphone jenis IEM menurut saya termasuk terbaik dalam mengisolasi suara. Anda bisa membaca artikel azkadina lain untuk penjelasannya yaitu Inilah Perbedaan Headset, Earphone dan Headphone.

KUALITAS SUARA

Bagian ini yang paling terpenting dalam pemilihan perangkat musik apapun termasuk earphone. Rock Zircon saya beli secara online melalui salah satu market place. Ketika paketan saya datang, langsung saya coba mendengarkan musik menggunakan hp asus Zenfone 5. Pas pertama kali mendengar suara yang keluar, saya merasa kok suaranya gak enak, pedas. Suara highnya terlalu tajam. Suara vocal berada di belakang jadi tidak jelas. Akhirnya saya mencoba lagi di laptop. Hasil suara yang saya dengarkan sama, bahkan bukan hanya mendengar musik tapi juga menonton film. Tetap saja suara highnya bikin pusing. Kacau. Saya pun punya pikiran buruk, saya membeli Rock Zircon kw alias palsu!!

Saya sempat kecewa. Tapi saya coba nikmati. Tidak tahu kenapa setelah saya coba sekian lama kualitas dan ciri khas rock zircon mulai kelihatan. Suara bassnya bulat. Saya juga bingung apakah ini yang dinamakan proses burning sehingga kertas speaker didalamnya menjadi lentur seperti yang saya baca di berbagai review audio. Atau telinga saya yang mulai dapat menyesuaikan diri dengan earphone ini.

Test Suara

Pada percobaan kualitas suara rock zircon ini saya menggunakan laptop compq HP CQ61. Dan software pemutar audio foobar 2000 dengan jenis musik mp3. Tanpa Equalizer. Alias flat. Saya mencoba memberikan nilai berupa score dari 1-10. Tentu saja ini subjektif dan bukan dari pemusik profesional. Anda harus mempercayakan kepada telinga anda sendiri sebelum membeli. Untuk suara saya bagi atas suara vocal, suara bass (low frekuensi), dan suara treble/tajam (high). Suara low ini biasanya kalau untuk musik didominasi oleh petikan bass dan ketukan drum. Dan suara treble biasanya drum, gitar. Volume yang saya gunakan 60%.

Slow

Ketika saya mendengarkan lagu berjudul “DIK” miliknya Wali Band. Untuk suara vocal saya merasa terdengar jelas. Walaupun tidak terlalu berada di depan seputar kepala kita tapi tarikan suara dari penyanyinya cukup jelas terdengar. Untuk score vocal saya kasih nilai 6.

Petikan gitar dilagu dik ini diawal lagu enak didengar. Tidak menusuk telinga. Suara musik terutama bass terlihat bulat tidak pecah. Untuk trebel (high) nilai 6. Sedangkan untuk suara bass (low) nilainya 7 karena tidak bulat dan tidak boomy.

Selanjutnya saya mencoba lagu lain yang slow juga yaitu, I Will Always Love You. yang dinyanyikan oleh Whitney Hoston. Ketika pertama kali si whitney melantunkan suara tanpa musik suaranya jelas walaupun menurut saya desahan nafasnya tidak begitu terdengar jelas. Begitu juga dengan tarikan suaranya. Score low 6, score high 6, score vocal 6.

Slow Rock

Kali ini berlanjut ke lagu bergenre slow rock. Saya memilih sesuai lagu-lagu kesukaan saya tentunya. berikut ini test suaranya.

Saya mulai dari lagu Jodi (Jomblo Ditinggal Mati) miliknya wali. Dari pertama vocal keluar terdengar tarikan napasnya walaupun sedikit. Untuk kualitas vocal rock zircon memang tidak berada di depan atau jelas. Tapi untuk suara high, petikan gitar gitarnya clear dan ketukan cymbal drum jelas terdengar. Bassnya terdengar sedikit menggetarkan telinga. Separasi suara dari musiknya mengagumkan. Suara vocal, drum, gitar, dan bass terdengar dengan baik dan tidak saling menimpa. Tapi sayang pedal dari drum sulit saya dengar.

Score Low 6.5, Score High 6.5, Score Vocal 6. Separasi 7.

Selanjutnya lagu slow rock mancanegara, Never Say Goodbye yang di bawakan oleh bon jovi. Dimulai dari suara gitar yang meraung dan bass yang menggelegar di lubang telinga. Rock Zircon mulai menunjukkan taringnya dari segi bass. Dari awal lagu ini terdengar sampai akhir lagu, bass dari si zircon ini bulat tanpa menyakitkan telinga saya. Mantafff… Tapi sayangnya ketukan cymbal dari drum terdengar sedikit di telinga saya. Tidak banyak ya.. dan tetap enak didengar dengan separasi yang bagus. Ketukan cymbal drum terdengar, tidak tertutupi oleh suara bass yang dominan.

Score: Low 7, High 6.5, Vocal 6

Rock

American Idiot dari Green Day saya coba dengarkan, wah .. ketukan pedal drum mulai terdengar, Bass menggelagar. Ada peningkatan kualitas suara low pada lagu ini. Penasaran saya coba menaikkan volume menjadi 80%. Pedal dan Bass tetap bulat terpisah dengan baik tanpa ada pesan pecah di suaranya. Sayapun mulai puas, Bagaimana dengan highnya di lagu ini. Sayangnya suara cymbal drum sedikit sekali terdengar. Separasinya ada tapi tidak begitu memuaskan.

Score: Low 7.5, High 6, Vocal 6

Lagu lainnya

Untuk lagu lainnya saya tidak ketahui secara jelas genre lagunya contohnya pada lagu On My Way – Alan Walker. Lagu ini memang saya suka, bikin semangat mengetik konten blog menjadi bertambah..hehe.. Pada lagu ini suara vocal dari penyanyinya baik yang cowok maupun cewek terdengar jelas. Suara low atau bass nampol. Bikin telinga bergetar. Suara high drum masih bikin sakit telinga yaitu terasa menusuk. Separasi sedikit kacau.

MOVIE

Saya akan mereview berdasarkan suara yang terdengar dari trailer Avengers: Endgame yang ada di youtube. Suara vocal middle dari dialog terdengar jelas. dengan bass yang cukup nampol bergetar dan bulat tidak ada kesan pecah di volume 80% di laptop compaq hp. Suara dari luar benar-benar tidak terdengar. Seakan anda berada di bioskop mini. Dengan bass menggelegar ini saya rasa sebagai penonton puas. Tapi untuk suara high masih terasa sedikit menusuk.

Score: Low bass 7.5, Treble high 6, Vocal 6.5, Separasi 7

KESIMPULAN

Review kualitas dari rock zircon baik dari segi kualitas suara maupun lainnya bukan dilakukan oleh seorang profesional dalam bidang permusikan. Penilaian saya masih nubi alias pemula dan bahkan baru dalam dunia suara. Saya hanyalah seorang blogger yang mencoba untuk berbagi pengalaman saya menggunakan earphone IEM Rock Zircon.

Menurut saya untuk kualitas suara rock zircon menonjol dari segi bass dan separasi. Suara juga terpisah dengan baik. Bassnya bulat dan tidak pecah. Suara low yang dominan tidak menutup suara peralatan musik yang ada dalam sebuah lagu. Anda dapat mendengar suara lainnya. Dengan harga yang berkisar Rp. 125.000 sampai dengan Rp. 135.000, anda sudah mendapatkan earphone basshead murah yang bassnya tidak pecah bikin sakit kepala.

Kalau anda bertanya perbandingan dengan headset lain, earphone murah apalagi kw jelas rock zircon pemenangnya. Untuk headset xiaomi kw yang harganya 20ribuan jelas jauh. Saya kasih nilai 5 untuk bass/low dan 4 untuk suara trebel. Belum lagi suara separasi iem kw tersebut kacau balau menurut istilah saya. Bercampur tidak jelas. Suaranya mendem. Tapi ya wajarlah harganya juga murah 20ribuan. Tapi kalau untuk earphone IEM xiaomi yang original, saya rasa mampu mengalahkan rock zircon dari sisi tertentu. Seperti contohnya Xiaomi Mi In-Ear Headphones Basic yang mungkin akan saya review dilain waktu.