Inilah Perbedaan Headset, Earphone dan Headphone

 

Perbedaan Headset, Earphone dan Headphone

Tidak perlu bingung membedakan antara perangkat audio untuk telinga ini, antara Headset, Earphone dan Headphone. Anda hanya perlu tahu bentuknya, maka anda bisa dengan mudah menebak apakah itu Headset, Earphone ataukah Headphone.

Headphone

Headphone terdiri atas dua kata dalam bahasa inggris yaitu head dan phone. Head artinya kepala dan Phone artinya alat telekomunikasi telepon. Kata phone yang identik dengan alat komunikasi handphone kadang membuat bingung. Padahal penampakan asli dan fungsi dari headphone itu sendiri tidak ada kaitannya dengan handphone dan tidak memiliki microphone. Justru pengertian sebenarnya dari headphone adalah headset tanpa mic. Headphone yang sering kita lihat adalah berukuran besar dan kalau dipasang di kepala terlihat seperti bando. Headphone tidak pernah digunakan untuk komunikasi lewat hp dengan dicolok ke jack hp misalnya. Makanya banyak yang salah pengertian headphone adalah alat untuk mendengar musik sekaligus berfungsi untuk menelepon ataupun menerima telepon.

Headphone sering digunakan oleh gamer untuk di colok di komputer, walau terkadang ada juga yang menggunakan headphone untuk mendengar musik melalui handphone. Tapi yang jelas tidak digunakan untuk menelepon atau menerima telepon dan tidak bisa merekam suara. Headphone juga sering digunakan oleh musisi di studio musik untuk monitoring kualitas suara rekaman.

Headphone dibagi atas bebarapa jenis yaitu:

1. Headphone Closed Back (belakangnya tertutup)
2. Headphone Open Back (belakangnya terbuka)

Headphone Closed Back memiliki housing yang tertutup sehingga memiliki suara bass yang berisi(besar kecilnya tergantung tuning masing-masing), sangat solid dan bassnya tidak hilang karena suaranya tidak keluar.

Contoh Merek Headphone

– Audio Technica ATH-M50

– Headphone Bluetooth Beats (wireless)
– Headphone ath ws ws990bt
– Sennheiser px 200, sennheiser px 200 II (Headphone Closed Back)
– ATH-R70x (Headphone Open Back)
– grado sr325e (Headphone Open Back)
– P47 Wireless Stereo Headphone
– SONY MDR-XB900TBT BLUETOOTH
– Soul by Ludacris SL100 Ultra Dynamic In-Ear Headphones

Headset

Kalau headset, pasti banyak yang salah pengertian dibandingkan dengan headphone. Kebiasaan sehari-hari orang mengenal headset adalah handsfree handphone. Jadi jadi mengherankan kalau kita meminjam handphone kepada orang lain, yang diberikan justru handsfree yang kita dapatkan kalau membeli handphone. Pengertian sebenarnya dari headset adalah sama persis dengan headphone. Yang membedakan adalah, adanya tambahan microphone pada headphonenya.

Headset sering kita temukan dan digunakan oleh call center, Pada penerbangan yang biasa digunakan pilot dan kru untuk berkomunikasi, Studio film atau stasiun televisi, ataupun digunakan oleh gamer untuk bermain games online. Penggunaan untuk games online tentu membutuhkan microphone untuk saling berkomunikasi antar pemain yang jaraknya jauh dan tidak saling berdekatan.

Pengguna headset akan mendapatkan kualitas suara setara headphone, dan dapat saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya menggunakan jalur komunikasi yang tersedia. Jadi perbedaan antara headphone dengan headset adalah headset terdapat mic (microphone), sedangkan headphone tidak ada.

Contoh Merek Headset

Headset Gaming:

 

– Logitech Wireless Headset H800
– Logitech G231 Prodigy
– Rexus Vonix RX-995
– Logitech G633 Artemis Spectrum RGB 7.1
– Rexus M1 Wireless
– Rexus Vonix F55
– Headset Sades Gaming SA 903
– Sades Gaming Headset SA – 708
– dbE GM200 / GM 200
– HEADSET GAMING WARWOLF R-3
– Headset Sades SA – 901 Gaming 7.1
– Headset Gaming Aula Prime LB-01
– DBE GM100
– Rexus F22
– Rexus Vonix F19 Professional Series

Headset Call Center

– Yealink YHS33
– Fanvil HT101
– Blueskysea T601
– Telephone Desk HT500 with Headset

Earphone

Earphone berasal dari kata ear yang berarti telinga. Bentuknya tidak seperti headphone dan headset yang besar, ukuran yang biasa kita temukan tidak lebih besar dari daun telinga kita. Earphone banyak digemari karena harganya yang relatif murah dibandingkan headphone dan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. Untuk earphone ada berbagai bentuk yang ada di pasaran yaitu:

IEM

IEM dalam penggunaannya dimasukkan ke dalam telinga sedikit lebih dalam, Kepalanya biasanya terbuat dari bahan karet sehingga nyaman untuk dipakai berlama-lama. Kelebihan lain dari IEM ini adalah terisolasi dari suara gangguan dari luar. Misalkan Anda naik kendaraan sambil menggunakan IEM, suara kendaraan boleh dikatakan tidak kedengaran. Yang anda dengar hanyalah suara musik yang keluar dari perangkat IEM anda. Ini dikarenakan lubang telinga ditutup sepenuhnya oleh eartips. Bahan eartips yang terbuat dari plastik lembut dapat menyesuaikan lubang telinga sepenuhnya. Sehingga tidak ada rongga udara yang keluar dan masuk. Itulah sebabnya IEM dapat mengisolasi suara dari dalam dan dari luar telinga. IEM biasanya bisa digunakan untuk menelepon karena sudah ada microphone yang biasanya ada pada kabelnya.

Dengan menggunakan IEM untuk mendengarkan musik atau menonton video dari hp tentu lebih terasa kualitas suara yang dikeluarkan. Tapi, jangan coba menggunakan IEM ketika anda berkendara, karena akan membahayakan karena tidak ada suara dari luar kendaraan anda yang terdengar. Bunyi klakson ataupun bunyi deru kendaraan lain tidak akan terdengar.

Contoh Merek IEM

– Rock Zircon
– Xiaomi Piston 4
– Audio Technica ATH-CLR100is

Earbuds

Earbuds terbuat dari bahan karet dan ditempatkan diluar lubang telinga. Karena penempatan posisinya yang tidak menutupi lubang telinga secara penuh, maka isolasi dari earbuds tidak sebaik IEM. Earbud banyak kita dapatkan ketika kita membeli handphone baru. Biasanya earbud sudah termasuk (include) didalamnya. Earbud aman untuk anda gunakan selagi berkendara dengan syarat tidak menggunakan volume yang berlebihan. Jika digunakan didalam rumah juga anda akan mendengar jika orang disekitar memanggil anda. Itulah salah satu kelebihan dari earbud dibanding IEM, yaitu anda tetap menjadi mahkluk sosial yang ramah sambil mendengarkan musik kesayangan anda.

Kekurangan dari earbud adalah tidak nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini terjadi jika anda membeli earbud yang tidak sesuai dengan telinga anda. Bahan earbud yang terbuat dari plastik tentu saja terasa keras di sela-sela bagian luar telinga. Anda akan merasakan sakit pada telinga setelah sekian lama menggunakannya. Agar nyaman menggunakan earbud, pilihlah earbud yang sesuai dengan bentuk telinga anda. Penggunaan eartips sangat disarankan, tidak ada salahnya anda membeli lagi eartips yang menurut anda nyaman yang biasanya di jual terpisah dengan oleh produsen eartips.

Untuk kualitas suara earbud banyak faktor yang mempengaruhinya, biasanya pengguna membeli dari produsen earbud kenamaan yang sudah menghasilkan earbud berkualitas. Tentu saja faktor harga banyak menentukan apakah earbud itu bagus atau tidak. Tapi anda tidak perlu khawatir jika tidak mampu membeli earbud yang berharga mahal. Anda bisa membeli earbud dengan harga murah dengan kualitas melebihi harga earbud itu dijual. Banyak komunitas yang memberikan informasi tentang earbud murah berkualitas. Biasanya mereka menggelari diri mereka dengan KERHOR yang berasal dari kata Kere Hore.

Earbud terbagi lagi atas 2 jenis yaitu earpod dan handsfree.

Earpod

Istilah earpod diambil dari earbud keluaran produsen apple yang biasanya menyertakan earbud ini dalam paket penjualan digital ipod mereka. Earpod tidak memiliki mic, tidak bisa digunakan untuk menelepon dan merekam suara, hanya bisa digunakan untuk mendengarkan suara dari sumbernya.

Handsfree

Handsfree termasuk keluarga earbud dan didapatkan jika kita membeli handphone baru. Handsfree , adalah jenis earbud yang memiliki mikrofon

Contoh merk Earbud

– Ve Monk
– EliBuds Sabia V4
– Edifier H185
– Handsfree keluaran oppo, samsung, vivo, iphone

Headset, Earphone dan Headphone Bluetooth

Headset, Earphone dan Headphone biasanya menggunakan kabel untuk mengeluarkan suara dari handpone atau media suara asalnya. Akan tetapi sekarang ini justru banyak produsen yang mengeluarkan produk wireless alias tanpa kabel yaitu menggunakan bluetooth. Menggunakan kabel tentu hasil suara yang digunakan lebih baik, karena tidak adanya penghalang berupa noise seperti udara pada bluetooth. Akan tetapi seiring kemajuan jaman, produsen audio terus memperbaik teknologi nirkabel atau wireless dari perangkat yang mereka buat. Tentu saja ada harga yang harus anda bayar untuk fasilitas teknologi bluetooth terbaru tersebut.