kalender libur nasional indonesia tahun 2021 lengkap tanggalan jawa dan islam

Kalender 2021 – Halaman ini berisi kalender tahunan dengan hari libur nasional indonesia. Kalender yang dilengkapi tanggal masehi, tanggalan jawa dan islam. Kalender Indonesia tahun 2021 didasarkan pada tata surya menurut waktu, dan terdiri dari 12 bulan dan 365 hari. Hari libur ditandai dengan tanggal merah termasuk semua perayaan agama dan semua hari libur pemerintah.

Indonesia terkenal dengan keragaman budaya dan agama, Pemerintah Republik Indonesia secara resmi hanya mengakui 6 agama, yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Banyak acara-acara keagamaan dimasukkan ke dalam hari libur nasional seperti misalnya Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru Imlek, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, Wafat Isa Al Masih, Hari Raya Waisak, Kenaikan Isa Al Masih, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Islam Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Raya Natal. Selain hari libur nasional juga terdapat hari libur tambahan yaitu cuti bersama.

Hari Libur Nasional Indonesia Tahun 2021

kalender 2021 libur nasional

kalender 2021 libur nasional lengkap dengan tanggalan jawa dan islam (hijriyah)

Untuk penetapan hari libur nasional indonesia berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri (Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tentang Hari Libur dan Cuti Bersama untuk cuti bersama pada tahun 2021. Berikut rinciannya:

Hari Libur Nasional Tahun 2021:

1 Januari, Tahun Baru 2021 Masehi
12 Februari, Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili
11 Maret, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
14 Maret, Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943
2 April, Wafat Isa Al Masih
1 Mei, Hari Buruh Internasional
13 Mei, Kenaikan Isa Al Masih
13-14 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah
26 Mei, Hari Raya Waisak 2565
1 Juni, Hari Lahir Pancasila
20 Juli, Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah
10 Agustus, Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah
17 Agustus, Hari Kemerdekaan RI
19 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW
25 Desember, Hari Raya Natal

Struktur Kalender Indonesia

Kalender Indonesia didasarkan pada tata surya menurut waktu, dan terdiri dari 12 bulan dan 365 hari. Bulan pertama dalam Kalender Indonesia adalah Januari dan yang terakhir adalah Desember. Nama-nama bulan menurut Kalender Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Januari
2. Februari
3. Maret
4. April
5. Mei
6. Juni
7. Juli
8. Agustus
9. September
10. Oktober
11. November
12. Desember

Kelender jawa

Kalender jawa terdiri atas hari dan pasaran. Nama Hari dalam kalender jawa sama dengan nama hari pada kalender masehi yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Nama pasaran pada kalender jawa adalah Paing, Pon, Wage, Kliwon, Legi. Pasaran dalam kalender jawa sering digunakan oleh suku jawa di Indonesia untuk perhitungan jodoh, mencari hari baik, membaca watak karakter seseorang dari tanggal lahirnya, Selametan orang meninggal dan keperluan lainnya dalam adat suku jawa.

Kalender islam

Kalender Hijriah atau Kalender Islam digunakan oleh umat islam sejak peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 Masehi. Negara Indonesia yang berpenduduk mayoritas Islam Perbedaan Kalender kalender hijriyah dengan kalender Masehi yaitu Kalender hijriyah menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, sedangkan kalender biasa (Kalender Masehi) menggunakan peredaran matahari. Bulan pada kalender hijriyah adalah:
1. Muharam
2. Safar
3. Rabiul awal
4. Rabiul akhir / Rabi’uts tsany
5. Jumadil awal
6. Jumadil akhir / Jumadits tsany
7. Rajab
8. Syakban
9. Ramadan
10. Syawal
11. Zulkaidah
12. Zulhijah

Leave a Reply